Selamat Datang di Blog Resmi UKM MAPAKESMA

Popular posts

Labels

Unknown On Senin, 26 Januari 2015

Tempat wisata di Banyuwangi telah dikenal luas akan keindahan wisata alamnya yang menawan. Alam pegunungan dan pantai yang berkarakter membuat Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Pesona wisata Banyuwangi mendapat tempat di hati wisatawan, ini ditunjang pula faktor geografis tempat wisata Banyuwangi tersebut yang berada di antara Bali, Surabaya, dan Malang, sehingga tidak salah kita memilih wisata banyuwangi sebagai destinasi akhir pekan kali ini.

Banyuwangi memiliki banyak wisata termasuk kuliner yang tak kalah akan campuran rempah dan rasanya, kita berangkat ke banyuwangi melalui jalur rel kreta dengan tarif lokal yang lumayan terjangkau yakni dengan harga Rp. 4000,-. dalam perjalanan kita ditawarkan dengan sejumlah pemandangan yang dilewati dengan kereta api ini, ada lorong peninggalan belanda hingga pemandangan alamnya, nah kuliner pertama yang bisa kita jumpai yakni setelah kita sampai di daerah garahan, kita bisa merasakan pecel pincuk dengan harga yang sangat murah yakni Rp. 4000,- dengan tambahan kerupuk hehehe, pecel pincuk yang terasa pedas bisa mengisi perut kita selama perjalanan ke banyuwangi. destinasi wisata kuliner selanjutnya yakni setelah kita sampai ke banyuwangi, tempatnya di Taman Blambang, disana kita bisa menemui jajaran penjual makanan rakyat khas banyuwangi, seperti soto rujak, soto bakso, sate pisang berbagai macam rasa, dll. setelah puas dengan pesta makan kita beranjak ke penginapan kita yakni di hotel bintang kejora milik salah satu anggota mapakesma (Ica Agustin R) yang di sapa akrab dengan nama (DOP).

Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur bahkan di pulau Jawa. Luasnya 5.782,50 km2. Wilayahnya cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung (3.282 m) dan Gunung Merapi (2.800 m) terdapat Kawah Ijen, keduanya adalah gunung api yang masih aktif dan menjadi tujuan wisata yang banyak di minati.

Bicara soal gunung, ternyata banyuwangi juga memiliki wisata yang cukup seru dan extrim pastinya yang terletak di kecamatan songgon, kab banyuwangi. Kecamatan Songgon adalah kecamatan di Banyuwangi yang terletak di dataran tinggi sehingga suhunya cukup dingin. Wilayah Kecamatan Songgon terdiri dari pegunungan di bagian utara dan barat dan semakin ke timur dan selatan banyak berdiri pemukiman penduduk. Di wilayah Kecamatan Songgon banyak berdiri perkebunan-perkebunan seperti Perkebunan Bayu Kidul dan Bayu Lor. Di wilayah ini terdapat wisata arung jeram dan perkemahan dan wisata hutan, nah keesokan paginya Anggota Mapakesma ingin mengarungi ke extriman arus sungai yang bersumber dari wilayah songgon ini.
Bertajuk petualangan weekend kita mulai dari salah satu tempat penyedia layanan olah raga arung jeram di kec songgon ini, X-Badeng, disini tempatnya masih terbilang alami dengan view jejeran persawahan yang indah dan sungai sebagai jalur rafting. X-Badeng menyediakan banyak fasilitas permainan yang dapat menguji adrenalin bertualang kita, seperti Rafting, Tubing, Center Camp (Camping), PaintBall dan ATV.

Tubing merupakan sarana adrenalin yang kita pilih, ada beberapa pilihan paket tubing yang di bedakan dengan tingkat ke extriman, jarak trek, dan waktu penyusuran, sebagai personil yang baru mencoba adrenalin ini kami berantusias ingin menjajaki paket extrim medium, dengan berpesonil 8 orang kita diberikan bantuan berupa alat pengaman (savety) supaya bisa meminimalisir cedera karena olah raga ini termasuk extrim, sebelum kita terjun langsung sebelumnya kita akan di bekali dengan pemberian wawasan untuk meminimalisir terjadianya kecelakaan dan cidera.
Tidak beberapa lama kita pun mulai menikmati deras nya air sungan dari kaki gunung raung ini dengan lama waktu sekitar 2-3 jam atau dengan jarak kurang lebih 8 km,
Sungai kaki gunung raung kedalamannya kurang lebih 1 m dengan banyaknya bebatuan runcing yang menambah ke extriman sumber sungai ini untuk di arungi, Air sangat terasa segar dan jernih di tambah dengan melewati susasana persawahan dan tebingan pegunungan kaki Gunung Raung menambah spesial nya liburan weekend kali ini.



 Melihat keindahan yang ditawarkan mengingatkan kita akan besarnya ciptaan tuhan yang maha esa, mari kita lestarikan demi kelanjutan kehidupan bersama jangan biarkan orang lain merusaknya sebelum kita hingga generasi selanjutnya dapat menikmatinya. untuk teman-teman yang membaca, saya sarankan segera mencobanya sebelum ngiler,,, haha, oke fix, terima kasih, Salam Lestari!!! :) (eeng).

{ 1 komentar ... read them below or add one }