Selamat Datang di Blog Resmi UKM MAPAKESMA

Popular posts

Labels

Unknown On Rabu, 27 April 2016


PERINGATAN HARI BUMI UKM MAPAKESMA
MAHASISWA PECINTA ALAM KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS JEMBER

Peringatan hari bumi merupakan peringatan yang diusung pertama kali oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970. Dia adalah seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup. Hari Bumi Sedunia merupakan hari pengamatan tentang bumi yang diperingati secara internasional setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Hari Bumi pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi.

Sejak 2003 UKM Mapakesma sebagai unit kegiatan mahasiswa di bidang kepecinta alaman dan kelestarian lingkungan ikut mencanangkan peningkatan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap bumi melalui berbagai macam kegiatan yakni salah satunya melalui kegiatan kampus bebas asap, Penyuluhan sanitasi dan penyadaran terhadap lingkungan hidup sejak dini pada siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jember, dan melakukan kerja bakti serta penanaman (Reboisasi) di lingkungan Universitas Jember.

Kampus bebas asap yakni kegiatan pemanjaan lingkungan supaya terbebas dari asap berat yang berasal dari mesin, rokok, pembakaran sampah dan lainnya. kegiatan ini dilakukan bertepatan pada tanggal 22 April. Semua kendaraan kecuali sepeda kayuh yang masuk dalam kawasan kampus bebas asap di intruksikan untuk dimatikan dan didorong hingga keparkiran, begitu juga dengan kendaraan roda 4, beberapa anggota mapakesma akan membantu mendorong mobil hingga sampai keparkiran, dan terus begitu hingga kendaraan tersebut akan meninggalkan kawasan kampus bebas asap, "Beberapa mahasiswa nampak mendorong mobil fakultas, sementara mahasiswa lain menuntun sepeda motornya menuju tempat parkir. Ini bukan hari mogok kendaraan bermotor secara massal, namun itu adalah gambaran suasana kegiatan Kampus Bebas Asap yang digelar oleh Mahasiswa Pecinta Alam Kesehatan Masyarakat (Mapakesma)". Ujar humas Universitas Jember.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan di Sekolah Dasar Baratan 02, Kabupaten Jember dilakukan pada tanggal 23 April, kegiatan penyuluhan diakhiri dengan acara penanaman tanaman buah-buahan oleh adik-adik siswa di sekitar lingkungan SDN Baratan 2. kegiatan ini bertujuan untuk penyadaran sejak dini tentang pentingnya lingkungan sekitar kita mengingat menurunnya kualitas lingkungan dengan adanya aktifitas yang manusia lakukan setiap harinya, dengan cara menyiapkan penerus bangsa yang siap akan tanggung jawab menjaga lingkungan sejak dini memungkinkan akan lebih meringankan beban bumi dan bisa menjadi harapan bumi dimasa mendatang untuk tetap lestari. 

Terakhir kegiatan peringatan hari bumi ditutup dengan agenda pungut sampah (kerja bakti), senam pagi dan penanaman bersama seluruh mahasiswa dan sivitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 April. agenda senam bersama mengisyaratkan kita bersama untuk selalu berolah raga demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita, dengan senam akan sedikit meregangkan otot-otot kita yang kaku akibat kegiatan sehari-hari, sehingga perlu nya berolah raga minimal seminggu sekali, setelah bersenam ria kegiatan kita lanjutkan dengan membersihkan lingkungan sekitar, kerja bakti untuk membiasakan diri untuk hidup sehat dan bersih, dengan lingkungan yang bersih akan memberikan kesan indah maupun sehat sehingga orang lain akan merasa nyaman dan tentram untuk menempatinya. agenda terakhir pada hari itu ialah penanaman tanaman hias dan buah-buahan di sekitar lingkungan Universitas Jember, dengan dasar pelestarian lingkungan dan berbasis lingkungan hijau, Mapakesma mengharapkan kelestarian lingkungan sehat tanpa polusi, sehingga dengan bertambahnya populasi tanaman dan pohon disekitar Universitas Jember diharapkan bisa menguragi polusi udara yang dapat ditimbulkan oleh kita, serta bisa memancing tempat berlindung bermacam-macam flora dan fauna seperti tanaman toga, bunga liar, sarang burung, dll di Universitas Jember. (eeng).

Sumber : Unej News dan Jtv Biro Jember

Informasi lain bisa di cek pada website resmi Universitas Jember

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments